Pengertian Asuransi Kendaraan Bermotor Serta Manfaatnya

Pengertian Asuransi Kendaraan Bermotor Serta Manfaatnya – Asuransi kendaraan bermotor merupakan asuransi yang diberikan untuk pengalihan risiko ekonomis oleh nasabah kepada pihak perusahaan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memiliki kendaraan bermotor tentu saja erat sekali dengan risiko kerugian yang ditimbulkan.

Pengertian Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi Kendaraan Bermotor

Contoh yang paling dekat dengan semua orang adalah soal kerugian kendaraan akibat kecelakaan. Baik terlibat dalam kecelakaan yang besar yang diakibatkan oleh kesalahan Anda maupun orang lain, tentu saja akan menimbulkan kerugian yang besar. Belum lagi ada risiko kerugian kendaraan misalnya kendaraan yang terpelosok, tergelincir ke sungai, terbalik, dan sebagainya. Hal ini baru mengenai kerugian yang diakibatkan kecelakaan dijalan. Padahal, masih ada potensi kerugian ekonomis pada kendaraan yang diakibatkan oleh penyebab lainnya seperti kendaraan yang dicuri.

Manfaat Asuransi Kendaraan Bermotor

Untuk Anda yang belum menggunakan asuransi kendaraan bermotor, maka sebaiknya segera mencari perusahaan asuransi mobil terbaik dan daftarkan asuransi kendaraan Anda. Bukan hanya mobil saja, motor pun juga perlu diasuransikan. Justru, motor yang Anda miliki berpotensi menimbulkan kerugian yang lebih tinggi dibandingkan jenis kendaraan lain seperti misalnya mobil. Motor seringkali menjadi incaran para pelaku pencurian kendaraan karena lebih praktis dan menguntungkan.

Hal ini seringkali terjadi ditempat-tempat yang tidak terduga. Bukan hanya ketika motor Anda terparkir di sekitar rumah, bahkan seringkali terjadi pencurian motor ketika seseorang membawanya ke minimarket. Itulah mengapa saat ini sering digencarkan edukasi tentang asuransi kendaraan baik itu kendaraan roda dua, roda empat, truk dan bus karena memang sangat penting dan sangat bermanfaat. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka setidaknya Anda bisa klaim asuransi kendaraan yang akan meringankan dampak kerugian yang Anda tanggung.

Untuk asuransi kendaraan bermotor, besar biaya preminya sangat tergantung pada beberapa hal. Beberapa hal tersebut adalah soal jenis kendaraannya, harga kendaraannya, wilayah pertanggungan, dan juga umur kendaraan yang dilihat dari tahun keluaran kendaraan tersebut. Untuk informasi besaran premi yang konkrit jika Anda menggunakan asuransi kendaraan, sebaiknya langsung hubungi agen asuransi yang Anda percaya agar bisa menyebutkan berapa biaya premi yang sesungguhnya.