Metode Pemasangan Ring Pada Jantung Koroner

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan, Serangan jantung juga bisa datang kapan saja terhadap penderita yang sedang sakit tanpa mengenal umur, orang tua ataupun muda penyakit jantung dapat menjangkit ketika adanya penyempitan atau tersumbatnya arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung. Penderita sakit jantung akan mudah lelah dari pada orang yang sehat, ini disebabkan karena jantung sudah tidak optimal dalam memompa.

Di era sekarang ini, teknologi kedokteran sudah berkembang pesat, salah satunya adalah pemasangan ring jantung. Metode ini yang paling banyak dilakukan dokter untuk pertolongan pasien penderita penyakit jantung. Ring jantung sering disebut Stent merupakan alat kecil berbentuk tabung, yang tersusun dari kawat kecil. Ring jantung ada yang terbuat dari plastik dan logam, ring ini mempunyai fungsi sebagai penyangga pembuluh darah untuk memastikan darah dapat mengalir dengan lancar. Biasanya sebelum pemasangan ring pada pembuluh darah jantung obat untuk menghindari timbulnya kerak yang bisa bertahan selama 7 tahun atau bisa lebih, jika obatnya sudah habis perlu operasi ulang pemasangan ring jantung. Ada pasien yang harus dipasangkan ring lebih dari satu, dan harga satu ring bisa berkisar Rp 50 juta – Rp 70 juta tergantung permintaan pasien terhadap kualitas ring.

Metode Pemasangan Ring Pada Jantung Koroner

Biaya operasi pemasangan ring jantung adalah yang paling sering dipertanyakan oleh pasien, karena jantung adalah suatu organ vital yang harus ditangani oleh dokter yang ahli dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang perlu dipersiapkan adalah biaya administrasi rumah sakit, biaya operasi pemasangan jantung, biaya rawat inap, biaya rawat jalan dan biaya-biaya lain yang terkait dengan penyembuhan penyakit jantung. Namun tidak perlu risau mengenai biaya, karena pemerintah sudah membuat program BPJS, bagi masyarakat yang sudah terdaftar bisa melakukan pengajuan operasi pemasangan ring jantung sesuai prosedur. Saat ini BPJS sudah sangat banyak membantu masyarakat yang menderita penyakit jantung menginginkan untuk operasi pemasangan ring jantung.

Metode pemasangan ring jantung ini sudah di tunjang dengan teknologi yang memadai dan banyak memberikan manfaat yang maksimal bagi penderita penyakit jantung, sudah tidak diragukan lagi bahwa metode ini dapat menolong pasien penyakit jantung.

Perlu diperhatikan bahwa pasien yang sudah melakukan pemasangan ring jantung harus bisa menjaga pola makannya, apapun makanan yang dimakan harus sehat dan tidak mengandung kolesterol seperti sapi, kambing, kuning telur, jeroan, kulit ayam, kulit bebek, minyak goreng, lemak jenuh, santan, gula, dan garam. Namun bagi kita yang masih sehat sebaiknya menghindari makanan-makanan yang tidak sehat dan berkolesterol karena lebih baik kita menghindari suatu penyakit dari pada mengobati penyakit yang sudah menjangkit di dalam diri kita.