Jenis-jenis Pengobatan Kanker Rahim

Kanker adalah termasuk ke dalam penyakit yang mematikan dan cara menyembuhkannya dengan operasi dan biasanya dilakukan pengangkatan organ yang terinfeksi oleh sel kanker. Pengobatan kanker dilakukan guna untuk menyelamatkan nyawa pasien dan membuang bagian sel-sel kanker agar tidak terjadi kanker kembali. Ada beberapa cara pengobatan kanker yaitu dengan tindakan medis dan herbal.

Untuk pengobatan kanker secara medis ada beberapa cara tergantung dari tingkat stadium kanker yang diderita, namun sebagian metode yang dijalankan adalah sama, yaitu:

  1. Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk menghambat pertumbuhan sel kaner dan menghancurkannya. Biasanya prosedur ini dilakukan pada pasien yang telah menjalanjan prosedur operasi dan biasanya juga dilakukan untuk kanker stadium lanjut,
  2. Terapi radiasi menggunakan sinar pengion yang bertujuan untuk membunuh sel kanker,
  3. Terapi hormon yaitu memberikan tablet atau suntikan anti-hormon sehingga tercipta di mana suasan tubuh tidak nyaman untuk pertumbuhan sel kanker,
  4. Imunoterapi dengan cara menyerang sel kanker, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
  5. Operasi dengan cara pengangkatan kanker bertujuan untuk menghancurkan dan membuang seluruh sel kanker.

Ada juga pengobatan kanker secara herbal menggunakan tanaman herbal, bahan rempah-rempah dan buah-buahan antara lain daun sirsak, daun belimbing, sarang semut papua, keladi tikus, jahe, kunyit putih, strawberry, blueberry, buah naga, noni juice. Banyak masyarakat yang mengonsumsi tanaman herbal sebagai obat alternatif untuk kanker.

Ada juga kanker yang perlu diwaspadai, kanker kulit. Kanker kulit merupakan kelainan yang terjadi pada sekl kulit yang disebabkan oleh mutasi DNA sel yang mengakibatkan pertumbuhan sel cepat, usia sel lebih panjang dan sel kehilangan sifat aslinya. Kanker kulit umumnya terjadi pada kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, namun ada pula yang terkenak kanker kulit meskipun tidak terpapar secara langsung.

Pengobatan kanker bertujuan untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Begitu pula dengan kanker kulit juga memiliki pengobatan kanker. Pengobatan kanker untuk kanker kulit juga tergantung stadium yang diderita dan juga penanganannya. Tidak sembarangan dan hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis jika menggunakan metode medis.