Jantung Berdebar Tiba Tiba – Sebab, Pencegahan, dan Penanganan Darurat

Jantung berdebar tiba tiba dan terjadi tanpa sebab tidak bisa Anda anggap remeh. Ketahui sebab, pencegahan, dan penanganan daruratnya segera. Baca disini:

Umumnya, jantung orang dewasa berdenyut 60 hingga 100 kali setiap menitnya. Bilamana ditemukan jantung berdebat tiba tiba dan berdenyut melebihi angka normal, kondisi jantung berdebar itu disebut dengan palpitasi. Kondisi jantung berdebar ini sangat menimbulkan rasa khawatir dan panik pada penderitanya. Apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi? Tetap tenang. Ketahui penyebabnya dan temukan solusinya melalui informasi di dalam artikel ini.

Palpitasi jantung adalah sebutan medis untuk jantung berdebar tiba tiba dan kencang sekali denyutnya. Banyak sekali penyebabnya, seperti: olahraga atau aktivitas terlalu berat; psikologis terganggu; konsumsi kafein; dan alergi makanan.

 

Ditemui juga, alasan jantung berdebar tanpa sebab ini karena beberapa hal, seperti:

  1. Penyakit atau kondisi tertentu seperti kelebihan hormon tiroid, menurunnya sel darah merah, kurang gula darah, demam, dehidrasi, dan darah rendah
  2. Perubahan hormon yang biasanya terjadi pada wanita dalam kondisi tertentu, seperti: menstruasi, kehamilan, dan menopause
  3. Efek samping mengonsumsi obat, seperti: obat asma, diet, dekongestan, dan obat anti-aritmia
  4. Kadar elektrolit dalam darah tidak stabil atau tidak normal.

Jantung Berdebar Tanpa Sebab dan Tiba Tiba Tanda Penyakit Serius?

Apakah jantung yang berdebar tiba tiba dan terjadi tanpa sebab bisa jadi gelaja serius seperti penyakit jantung? Hal ini dapat terjadi. Gangguan jantung berdebar ini bisa jadi merupakan sinyal penyakit, seperti: jantung koroner, gagal jantung kongestif, gagal katup jantung, gangguan otot jantung, dan serangan jantung.

Hal ini perlu penyelidikan lebih lanjut tentunya. Tapi, bila jantung berdebar terjadi dan merupakan tanda penyakit serius, akan timbul gejala lain, seperti: jantung berdebar dan sesak nafas, tubuh terasa melayang, kepala pusing, nyeri dada, dan goyah sekujur tubuh.

Perlu Anda ingat, selalu waspada ketika jantung berdebar kencang. Semakin meningkatnya denyut jantung, tekanan darah akan menurun dan bisa menyebabkan Anda pingsan tiba tiba. Denyut jantung cepat ini dapat membentuk bekuan darah pada atrial fibrilasi.

Mengatasi dan Obat Jantung Berdebar

Ada beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan bila mendapati jantung berdebar terus-menerus. Beberapa poin di bawah ini adalah langkah darurat guna pencegahan yang terbaik untuk Anda, antara lain:

  1. Hindari pemicu stres dan kecemasan dengan cara pindah ke tempat yang lebih tenang. Tentunya, sebisa mungkin tetap ditemani oleh orang yang mengetahui kondisi Anda. Hal ini adalah langkah waspada guna mencegah Anda pingsan ketika mengalami jantung berdebar debar kencang.
  2. Berbaring untuk sementara waktu. Berbaring dapat membuat tubuh lebih rileks. Ketika tubuh rileks, sirkulasi dan pompa darah jantung akan lebih lancar. Relaksasi singkat dapat Anda lakukan dengan cara menarik napas panjang dan mendengar musik untuk mendistraksi otak.
  3. Hentikan konsumsi makanan dan minuman pemicu jantung berdebar, seperti: alkohol, rokok, teh, kopi, minuman berenergi, dan makanan tertentu dengan kandungan MSG.

Sekadar tambahan informasi, sangat penting untuk Anda mencatat kapan waktu jantung berdebar tiba tiba muncul. Setelah mencatatnya, coba ingat apa yang baru saja Anda lakukan. Bisa jadi, dengan metode ini Anda dapat mengetahui langsung penyebab jantung Anda selalu berdebar debar. Catatan ini sangat berguna untuk mengetahui pola dan pemicunya. Dengan adanya catatan ini, dokter juga dapat melakukan pengecekan dan  berusaha mengetahui penyebabnya dengan penanganan medis.