4 Virus mematikan yang bias menyebabkan kepunahan manusia

Dengue Virus

Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk atau yang sering dikenal dengan sebutan penyakit demam berdarah. Meski tingkat kematiannya masih tergolong kecil, jumlah kematian yang disebabkan Dengue Virus ini lumayan tinggi guys, lantaran masih belum ada vaksin yang bias menangkalnya. Data kementrian kesehatan mencatat pada tahun 2015 demam berdarah menyerang 129.179 orang dan sebanyak 1.240 diantaranya meninggal dunia. Bahkan virus yang satu ini hingg memakan korban sekitar 20.000 orang setiap tahunnya diseluruh dunia dari 50 hingga 500 juta orang yang terinfeksi. Jadi jangan di anggap remeh ya virus yang satu ini.

virus mematikan

Rotavirus

Rotavirus adalah jenis virus yang menginfeksi usus. Virus ini juga jadi penyebab umum dari penyakit diare pada bayi dan anak-anak di seluruh dunia terutama di Negara-negara berkembang dengan tingkat nutrisi dan fasilitas kesehatan yang kurang optimal. Virus ini telah menyebabkan lebih setengah juta anak meninggal setiap tahunnya di seluruh dunia. Oleh karena itu bayi dan anak-anak yang terinfeksi Rotavirus harus mendapatkan perawatan secara intensif karena infeksi Rotavirus dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat. Jika tidak ditangani dehidrahi pada bayi dan anak-anak akibat rotavirus dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berat. Selain pada bayi dan anak-anak, Rotavirus juga menginfeksi remaja dan orang dewasa. Salah satu gejala yang dialami adalah seperti demam dan muntah-muntah yang diikuti oleh diare selama 3 sampai dengan 8 hari.

Ebola

Virus Ebola sendiri telah menjadi pusat perhatian dunia, karena epidemi yang terjadi. Pada tahun 2014 WHO mencatat ada setidaknya 18 ribu kasus Ebola yang terjadi di daerah Afika Barat dengan angka kematian mencapai 30% dari seluruh kasus. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangain dengan serius. Ebola ditemukan pertama kali pada tahun 1976 di Sudan dan Kongo. Para pakar menduga bahwa virus Ebola hidup pada tubuh kelelawar pemakan buah atau codot. Virus tersebut kemudian menyebar ke hewan lain yang kemudian menjakiti manusia melalui darah saat mereka membersihkan darah buruan yang sudah berkontaminasi. Gejala yang alami oleh virus ini diantara lain seperti demam, sakit kepala, lemas, nyeri pada otot dan sendi. Setelah mengalami gejala ini, kemudian akan ada gejala lanjutan seperti muntah, sakit perut, diare bahkan pendarahan pada tubuh yang terkadang juga keluar melalui mulut, hidung, mata atau telinga.

Virus HIV

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan virus yang satu ini. HIV menyerang system kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Nah, sayangnya HIV masih belum bisa disembuhkan. Namun, ada pengobatan yang dapat digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit ini. Pengobatannya juga dapat membantu penderita untuk bisa bertahan hidup lebih lama dan menjalani hidup dengan normal. Di Indonesia sejak pertama kali ditemukannya virus HIV ini pada tahun 1987, virus ini tersebar di 368 dari 497 kabupaten kota di seluruh provinsi. Kepulauan Bali adalah provinsi pertama kali tempat ditemukannya virus HIV / Aids di Indonesia. Menurut WHO di Indonesia ada sekitar 690 ribu orang mengidap HIV sampai tahun 2015. Gejala-gejala yang dialami dari virus ini antara lain seperti demam yang berulang, kulit kemerahan, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan kronis, nyeri otot, sakit kepala extrim, diare, penurunan berat badan, keringat malam dan menurunnya daya ingat atau depresi.

Itulah 4 Virus mematikan yang bisa menyebabkan kepunahan manusia. Mari kita jaga kesehatan kita sejak diri. Lebih baik menjaga dari pada mengobati.