3 Tahapan Cara Memandikan Yang Bayi Baru Lahir

panduan lengkap cara memandikan bayi baru lahir

Hampir semua bayi akan dengan cepat belajar mencintai waktu mandinya, jangan terkejut jika bayi menggeliat atau menangis saat pertama kali mandi semuanya butuh waktu untuk terbiasa. Bagi seorang ibu memandikan bayi adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. Kenapa tidak, karena memandikan sang buah hati adalah moment terbaik dan terindah yang pernah di alami seorang ibu. Memandikan bayi yang baru lahir bukanlah hal yang lumrah apa lagi kalau seorang ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati pastilah sangat khawatir dan takut dalam memandikan banyi. Hal tersebut menjadikan proses memandikan bayi menjadi susah-susah gampang, karena pada umumnya kondisi fisik banyi berbeda dengan orang dewasa, mulai dari kulitnya yang sensitif dan lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya setiap ibu menambah wawasan dengan membaca atau berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, jangan pernah merasa khawatir sehingga dalam memandikan bayi dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan yakni membersihkan tubuh dan membuatnya tetap sehat. Berikut adalah penjelasan tentang 3 tahapan cara memandikan bayi yang baru lahir:

3 Tahapan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Bisa Anda Ikuti

  1. Frekuensi mandi

Bayi yang baru lahir tidak kotor. Sehingga selama membersihkan pantat bayi secara seksama setiap kali ganti popok, mungkin tidak perlu memandikan bayi lebih dari dua atau tiga kali seminggu. Demikian juga, rambut bayi (jika ada) tidak perlu dikeramas setiap kali mandi. Lakukan jika dirasa perlu.

  1. Kebersihan tali pusar

Selama tali pusar bayi belum lepas, memandikan dengan spons secara cepat (dengan meletakkan bayi pada permukaan yang dialasi handuk lembut) akan menghindarkan tali pusar terkena air karena harus tetap kering. Ketika tali pusar bayi sudah lepas, dia akan siap untuk mandi yang sesungguhnya. Gunakan bak mandi yang dilapisi handuk dan terisi air setinggi lima cm.

  1. Cara memandikan bayi 
  • Selalu mandikan bayi dalam ruangan yang luas dan hangat.
  • Siapkan handuk untuk membalutnya segera setelah mandi.
  • Meletakkan lap mandi yang basah dan hangat di atas perut bayi Anda selama mandi dapat mencegah bayi kedinginan.
  • Gunakan lap mandi lembut atau spons untuk membersihkannya.
  • Bilas setiap anggota tubuh bayi secara berurutan, seka serpihan kulit mati yang terlihat secara lembut.
  • Pastikan periksa bagian belakang telinga, sela-sela jari tangan dan kaki, bawah lengan, dan lipatan leher dan paha di mana serpihan kulit mati sering menumpuk. Saat mandi hanya perlu waktu singkat untuk menyeka serpihan kulit dan kulit terkelupas yang menumpuk.
  • Pegang bayi dengan satu tangan sepanjang mandi dia mungkin tergelincir ke dalam air dalam sekejap dan jangan pernah tinggalkan bayi sendirian saat mandi walaupun untuk sebentar. Jika harus meninggalkan kamar, bawa dia bersama.
  • Setelah mandi, keringkan bayi dengan lembut. mungkin ingin melembabkan kulit bayi untuk menjaga kekuatan dan kelembutannya.
  • https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/cara-memandikan-bayi-baru-lahir-dengan-aman

Demikian penjelasan di atas mengenai 3 tahapan cara memandikan yang bayi baru lahir. Pemaparan ini tiada lain hanya untuk menambah wawasan serta pengetahuan cara memandikan bayi sebagai bentuk rasa kasih sayang kepada sang buah hati. Segala konsekuensi atas terjadinya kecelakaan pada bayi adalah tanggung jawab orang tua, jadi berhati-hati dan telitilah dalam mengurus buah hati sebagai karunia tuhan. Sekian dan terima kasih, semoga penjelasan ini bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua, khusunya ibu-ibu atau ibu muda yang baru memiliki bayi dapat mengurusnya dengan benar.